Search Box

Custom Search

Tuesday, April 22, 2014

kisi-kisi Lab Troubelshooting

Posted by chacky glory  
1:05 AM

1. Ketika menghidupkan komputer , dilayar monitor muncul pesan kesalahan “ Drive not ready”?

Solusi:
1. Cek koneksi semua kabel. Pastikan pin 1 pada drive dihubungkan ke pin 1 pada hard-disk controller.
2. Pastikan daya power suppy cukup dengan kebutuhan.
3. Booting kembali komputer

2. Pada Sistem muncul pesan kesalahan “HDD Controller failure”?

Solusi:
Amati dan perhatikan jumper pada hard disk sudah benar atau belum. Kalau belum segera masukkan sesuai dengan urutannya

3. Pada tampilan monitor muncul pesan kesalahan “ Disk Boot Failure”, “ Non System Disk”, atau “No ROM Basic-System Halted”?

Solusi:
1. Install kembali file sistem DOS menggunakan utility DOS SYS.
2. Cek semua kabel yang terpasang pada motherboard.
3. Gunakan FDISK untuk melihat apakah partisi primer (biasanya diatur untuk hard disk dan digunakan untuk booting pertama kali) sudah aktif atau belum.
4. Cek apakah hard disk terkena virus atau tidak, dengan menggunakan anti virus.

4. Setelah melakukan instalasi perangkat keras komputer yang baru tidak mau booting dan tidak ada pesan kesalahan yang muncul pada layar monitor?




5. Jika ditemukan gejala berikut : File tidak dapat ditemukan, program aplikasi tidak dapat membuka file data atau ekstensi file data berubah. Pada bagian apakah kerusakan tersebut terjadi?

Jawab :
Kemungkinan kerusakan pada file program aplikasi rusak, file ada yang hilang, terkena virus, berganti nama atau berpindah folder.

6. Hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum instalasi,sehingga tidak menyebabkan kesalahan/error selama proses instalasi? Jelaskan secara singkat!

Jawab:


(1) Scan Disk
Pastikan bahwa hard disk anda tidak ada masalah (kerusakan) dengan
menjalankan SCAN DISK sebelum melakukan setup, sekaligus segera
betulkan (fix) jika ada masalah.

(2) Scan Virus
Pastikan bahwa komputer anda tidak terinfeksi oleh virus. Jalankan
program antivirus terbaru dan ijinkan antivirus untuk me-remove
(membuang) virus, jika memang ada.

(3) Tutup Semua program
Sebelum melakukan instalasi, tutuplah semua program yang berjalan
(running), termasuk nonaktifkan program SCREEEN SAVER,
ADVANCED POWER MANAGEMENT SETTINGS, dan program-program
lainya, karena bisa mengganggu proses setup.

7. Bagaimana cara kita untuk menguji jaringan, untuk melihat apakah komputer sudah terhubung dengan jaringan ataukah belum? Berikan contoh!

Jawab:
Untuk mendeteksi apakah hubungan komputer dengan jaringan sudah
berjalan dengan baik, dapat menggunakan utilitas ping. Contoh: Ada
dua buah komputer yang kita set dalam jaringan. Komputer 1 kita set
dengan alamat IP 202.159.0.1 dan komputer 2 kita set dengan IP
202.159.0.2. Kita dapat melakukan test ping dalam mode DOS.
Misalkan dari komputer 1 ketik "PING 202.159.0.2". Jika respon yang
kita dapatkan adalah :
57
Reply from 202.159.0.2: bytes=32 time<10ms TTL=32
Reply from 202.159.0.2: bytes=32 time<10ms TTL=32
Reply from 202.159.0.2: bytes=32 time<10ms TTL=32
Reply from 202.159.0.2: bytes=32 time<10ms TTL=32
Berarti koneksi jaringan sudah benar. Respon lain selain contoh diatas
diartikan bahwa jaringan belum bekerja dengan benar.

8. Menurut pendapat anda, mengapa kita jangan melakukan cara ctrl+alt+del untuk mematikan komputer dalam hubungannya dengan penularan virus kmputer?

Jawab :
Menurut saya , jika kita melakukan cara tersebut dapat memperparah penyebaran virus didalam system computer,memori kita tidak tertutup dengan baik serta membuat Hardware pada PC kita rusak terutama Harddisk.salah satunya adalahTidak dapat menghapus memori yang ada

9. Jelaskan apa dan bagaimana penyambungan kabel UTP Straight cable dan crossover cable?

Jawab :
Penyambungan straigt cable digunakan untuk menghubungkan client ke HUB/Router. Penyambungannya dilakukan dengan menghubungkan ujung satu dengan ujung lain dengan satu warna. Sedangkan penyambungan crossover digunakan untuk menghubungkan client ke client atau dalam kasus tertentu digunakan untuk menghubungkan HUB ke HUB

10. Identifikasikan nama-nama software dibawah ini menurut jenisnya! OS/2, Oracle, NeXTSTEP, Visual Basic, C++, Frame Maker, Quark Xpress, Cobol, Quattro Pro, Windows NT, WingZ, Approach, MacOS, Paintbrush, Micrografx Designer, Pinacle?

Jawab:
Sistem Operasi : OS/2, NeXTSTEP, WINDOWS NT, MacOS
Computer language : VISUAL BASIC, C++, COBOL
Desktop Publishing : Frame Maker, Quark Xpress
Program Spreadsheet : Quattro Pro, WingZ
DBMS : Approach, Oracle
Graphics : Paintbrush, Micrografx Designer, Pinacle

11. Sebutkan peralatan vital yang harus dimiliki untuk membangun sebuah jaringan beserta fungsinya masing-masing dalam jarigan tersebut?

Jawab:
a). Komputer Sever Fungsi komputer Server adalah sebagai pusat data sebagai pintu masuk ke dalam sistem jaringan dan berisikan daftar user yang diperbolehkan masuk ke server atau kedalam sistem jaringan tersebut.
b). Komputer workstation (client)Komputer client berfungsi memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan komputer tersebut dengan komputer lain atau komputer tersebut dengan server. Pemanfaatan jaringan tersebut dapat berupa sharing data, sharing printer dan sebagainya.
c) HUB/switchHub/switch berfungsi sebagai terminal atau pembagi sinyal data bagi kartu jaringan (Network Card).
d) Kartu jaringan NICSebuah kartu jaringan (LAN Card) yang terpasang pada sebuah komputer server maupun client berfungsi sebagai media untuk penghubung sehingga komputer dapat dihubungkan kedalam sistem jaringane) Kabel dan KonektorKabel dan konektor berfungsi sebagai media penghubung antara komputer client dengan komputer client yang lain atau dengan peralatan lain yang digunakan untuk membentuk jaringan.

12. Dalam system komputer dikenal istilah driver/adapter. Dalam hal ini, apakan yang dimaksud dengan driver tersebut?

Jawab:
Driver adalah pengarah, artinya sebuah software yang perlu diinstal, yang akan berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara komputer dengan device tertentu sehingga kerja sistem bisa maksimal.

13. Apakah yang dimaksud dengan operasi-operasi file? Sebutkan contohnya (3 operasi) diantaranya dan jelaskan?

Jawab:
Operasi file, adalah operasi-operasi / instruksi-instruksi yang ditujukan untuk pengolahan file, mulai dari memodifikasi, memindah, melihat isi, sampai dengan menghapusnya. Beberapa operasi file diantaranya adalah:
Chmod, d igunakan untuk mengubah attribut/hak pakai suatu file atau direktori. Mirip dengan perintah attrib di DOS.
More and Less, Digunakan untuk menampilkan isi suatu file.
Utilitas more akan menampilkan isi file dan berhenti pada tiap layar. Dengan menekan tombol spasi akan ditampilkan halaman berikutnya. Dengan less dapat digunakan tombol UP dan DOWN untuk naik turun dokumen yang ditampilkan. Untuk mengakhiri dari penampilan isi file dapat dilakukan dengan menekan “q”.
CP, d igunakan untuk menyalin file, dapat juga digunakan untuk menyalin seluruh direktori, yakni dengan perintah (cp -a). Sama seperti perintah copy pada DOS .

14. Apakah ada kesaman dan perbedaan fungsi antara hub, repeater, bridge, dan router dalam jaringan?

Jawab :
Persamaan :
Baik Hub, Repeater, Bridge dan Router bermanfaat untuk mengoneksikan komputer satu ke komputer yang lain.

Perbedaan :
· Hub adalah : sebagai pengganti sinya data dari kartu jaringan (NIC) dan sekaligus untuk penguat sinyal dalam satu jaringan.

· Repeater adalah penguat sinyal. Sinyal yang diterima dari segmen jaringan satu ke segmen jaringan yang lain diharapkan sinyal yang diterima akan sama kuatnya dengan sinyal yang dipancarkan. Dengan pemasangan repeater diharapkan dapat memperluas dua buah jaringan komputer.

· Bridge adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungakan dua buah LAN dan mengirim atau memungkinkan paket dara dari satu LAN ke LAN yang lain. Setelah bridge menyediakan sambungan antara dua type LAN yang sama. Dengan pemasangan brdige dapat memperluas jaringan LAN. seingga semua segmen yang saling berhubungan satu sama lainnya menjadi dri bagian LAN yang lebih besar.

· Router adalah perangkat yang memiliki kemampuan untuk melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang memungkinkan banyak jalur di antara keduanya. ROuter juga dapat digunakan untuk menghubungkan sejumlah LAN sehingga trafik yang dibangkitkan oleh sutau LAN dapat tersaksi dengan baik dari trafik yang dibangkitkan LAN lain.

15. Pada Saat komputer diaktifkan terdapat nada “beep” dan buzzer/speaker seperti dibawah ini :

a. 1 Long, 2 Short beep
artinya ada masalah pada monitor atau VGA Card.

b. 1 long beep
artinya ada masalah di DRAM.

thumbnail Judul : kisi-kisi Lab Troubelshooting

URL : http://filedoom.blogspot.com/2014/04/kisi-kisi-lab-troubelshooting.html

Rating : 10 out of 10 based on 696969 ratings. 696969reviews.
Ditulis Oleh chacky glory
Free Download 1:05 AM

0 komentar:

Labels

Tips Dan Trik (38) IT (23) pelajaran tentang IT (23) stmik (22) OS (21) Berita (20) HTML5 (19) materi (18) tutorial (15) Sismul (13) Tizen (12) UI (11) web (11) Download (10) Download lagu (10) Android (9) Fitur (9) Meningkatkan Traffic (9) Samsung (9) TouchWiz (9) streaming (9) Aplikasi (8) Intel (8) Blackberry (7) Fakta (7) database (7) Handphone (6) oracle (6) Fungsi (5) Game (5) Lucu (5) SEO (5) optimal (5) sql (5) widget (5) PHP (4) Programing Languages (4) Smartfren (4) Spesifikasi (4) bbm (4) Andromax (3) Dollar (3) Gadget (3) Kata (3) Obsidian (3) Ads (2) CPM (2) Foto (2) Kata Bijak (2) adsense (2) celebrity (2) sosial (2) Crack (1) Error (1) Gaya Hidup (1) Gokil (1) Harga (1) Harlem Shake (1) PPC (1) Penyakit (1) Video (1) bola (1) cheat (1) facebook (1) reggae (1)

Daftar BackLink

AutoSurf Traffic Exchange: Powerful Results with SEO tips | 10KHits - 10KHits provides quality traffic hits to your personal or business websites. Auto Backlink Gratis : Filedoom Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo
W3 Directory - the World Wide Web Directory

Site Info

SEO Reports for filedoom.blogspot.com Antispam
filedoom.blogspot.com Webutation
LinkXchanger.com
Latest Downloads

Rating for filedoblogspotom..com DMCA.com

My Facebook

Google+ Badge

Google+ Followers

Proudly Powered by Blogger.
back to top